Rancangan Revitalisasi Kota Toea


Dari situs Sekneg RI, diperoleh informasi tentang program revitalisasi Kota Toea berikut:

  1. Pengembangan museum, pusat seni budaya dan sejarah Jakarta

  2. Pembangunan monumen (memorial site) dan Museum Peringatan Fatahillah

  3. Preservasi gedung dan kawasan bersejarah untuk mengembangkan kawasan wisata sejarah bahari

  4. Pengembangan kawasan pesiar umum (public promenade) "Jayakarta Promenade" yang merentang dari Pasar Ikan hingga ujung semanjung utara Muara Baru dimana terletak Monumen Peringan Fatahillah yang merupakan landmark perjuangan Fatahillah. Sebagai pasangan kawasan pesiar umum, pada kedua sisi Kali Opak dikembangkan kawasan dermaga Kota Intan Quay dan Jayakarta Quay sebagai kawasan rekreasi

  5. Pengembangan kawasan sekitar poros sejarah dengan rekonstruksi benang merah sejarah Jakarta yang terentang dari Monumen Peringan Fatahillah di ujung utara sampai kawasan situs Jayakarta. Poros ini akan menjadi kebanggaan dan identitas kota Jakarta.

  6. Pengembangan kawasan niaga/komersial, jasa, konvensi, eksibisi, hotel dan perkantoran dengan mengacu pada potensi sejarah dan kebaharian.

  7. Pengembangan dan penataan kembali kehidupan di kawasan tersebut, yang berciri kegiatan kultural, tradisi dan ritual yang berkait pada keanggunan legenda kebesaran masa lalu di kawasan tersebut.

2 comments:

gracepamungkas said...

Informasi tentang konsep revitalisasi kota tua ini penting sekali bagi warga. Apakah rekan Bataviase tahu situs resmi yang dapat diakses untuk info tsb ?

Trims , salam hangat. G

bataviase said...

ibu grace, informasinya dari situs Sekneg, anda bisa klik linknya di bawah gambar peta.
good luck

test