Revitalisasi diundur

Peresmian Kawasan Percontohan Kota Tua Diundur

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali mengundurkan jadwal peresmian kawasan percontohan Kota Tua karena dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah DKI Jakarta belum juga cair. Akibatnya, proyek awal yang seharusnya selesai akhir 2006 lalu hingga kini belum usai. Rencananya, peresmian kawasan percontohan Kota Tua baru akan dilakukan September nanti.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Permuseuman DKI Jakarta Aurora Frida Tambunan mengatakan, pengunduran jadwal terpaksa dilakukan tetapi revitalisasi Kota Tua dipastikan tetap berlangsung.

Menurutnya, pembangunan dan pelestarian kawasan Kota Tua dilakukan bertahap. Dimulai tahun 2006 dengan perombakan mulai dari Jalan Pintu Besar Utara hingga ke sekitar Museum Fatahillah, Museum Wayang, dan kawasan Kali Besar Timur yang semula ditargetkan selesai akhir 2006. Namun, saat ini, proyek awal ini masih dalam pengerjaan meski dipastikan telah sampai pada tahap akhir penyelesaian.

"Pada tahun 2007, kami mencanangkan revitalisasi Kota Tua bersama-sama dengan Dinas Perhubungan, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Pertamanan, serta instansi terkait. Setelah permukaan jalan dirombak, akan disusun tapak sejarah di kawasan kota tua yang dirintis di sekitar Museum Fatahillah, Museum Wayang, Museum Seni Rupa, dan kawasan Kali Besar," kata Aurora Tambunan, Selasa (3/4). (Laporan Wartawan Kompas Neli Triana)

0 comments:

test