Jalan Pintu Besar Utara hingga Café Batavia

Proyek Semipedestrian Tetap Harus Selesai Akhir Tahun

Jakarta, Kompas - Pembangunan jalur semipedestrian sebagai upaya merevitalisasi kawasan Kota Tua Jakarta yang masih berlangsung sekarang ini tetap akan diselesaikan akhir tahun 2006. Sesuai dengan yang direncanakan, jalur semipedestrian akan dibuat di Jalan Pintu Besar Utara hingga Café Batavia, diteruskan di sekitar Kantor Pos, Jalan Kunir, hingga di depan Museum Seni Rupa dan Keramik.

Tahap akhir proyek jalur semipedestrian itu akan dilakukan di kawasan Kali Besar. Demikian disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan dan Permuseuman DKI Jakarta Aurora Tambunan, Selasa (21/11), seusai menyerahkan buku Ensiklopedi Jakarta kepada Redaksi Kompas.

"Semipedestrian Kota Tua Jakarta yang dibangun sekarang merupakan proyek unggulan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Pembangunan ini akan diteruskan pada tahun anggaran berikutnya," kata Aurora.

Untuk melanjutkan proyek itu, pada RAPBD 2007 diusulkan alokasi dana revitalisasi Kota Tua sebesar Rp 50 miliar.

Jalur semipedestrian Kota Tua Jakarta ini juga dimaksudkan untuk menekan arus lalu lintas dan memudahkan pejalan kaki.

Sebelum ada proyek revitalisasi, jalan raya di kawasan tersebut sangat padat lalu lintas. Sarana bagi pejalan kaki pun sangat minim sehingga kurang menarik kunjungan wisatawan untuk menikmati pemandangan arsitektural gedung-gedung tua peninggalan Belanda.

Ramainya lalu lintas sebelumnya juga belum berhasil merangsang kegiatan dari para pemilik gedung-gedung tua tersebut. Sebagian gedung-gedung tua itu kemudian tidak berfungsi dan meninggalkan pemandangan yang kumuh dan angker.

Menurut Aurora, proyek revitalisasi kawasan Kota Tua sekaligus diharapkan merangsang para pemilik maupun pengelola gedung-gedung tua untuk menunjang kegiatan pariwisata. Saat ini, sebagian gedung tua ada yang berfungsi sebagai kafe maupun sarana hiburan malam, tetapi sehari-hari masih tampak sedikit pengunjung yang mendatanginya. (NAW)

0 comments:

test