Masyarakat dan badan usaha dilibatkan

Insentif bagi Penggunaan Bangunan di Kota Tua

Jakarta, Kompas - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana memberikan insentif bagi para pemilik bangunan tua, di kawasan kota tua, yang mau memanfaatkannya kembali. Di sisi lain, disinsentif bagi pemilik yang menelantarkan bangunan tua juga disiapkan.

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Permuseuman DKI Jakarta Aurora Tambunan, Rabu (13/6) di Jakarta Pusat, insentif dan disinsentif itu diberikan dalam rangka revitalisasi kawasan kota tua.

"Revitalisasi tidak mungkin dilakukan oleh pemerintah jika tidak melibatkan masyarakat dan badan usaha yang memiliki bangunan di kawasan itu. Oleh karena itu, masyarakat akan didorong untuk menghidupkan lagi aktivitas di bangunan tuanya," kata Aurora.

Insentif yang sedang disiapkan, menurut Aurora, adalah kemudahan perizinan dan keringanan pajak. Perizinan pendirian usaha akan dipermudah proses birokrasi dan dipermurah biayanya agar mendorong munculnya aktivitas baru. Namun, keringanan pajak baru akan diperjuangkan di pemerintah pusat. Perjuangan untuk meringankan pajak ke pemerintah pusat diperlukan karena 80 persen pemilik bangunan tua adalah BUMN.

Selain mekanisme insentif, kata Aurora, Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso juga akan mengundang semua pemilik bangunan untuk bertemu. Gubernur akan menjelaskan rencana induk revitalisasi dan mengajak semua pemilik bangunan untuk berpartisipasi

Menurut Aurora, Pemprov DKI membuat Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kota Tua untuk menjadi pelaksana teknis revitalisasi kawasan Kota Tua di perbatasan Jakarta Barat dan Jakarta Utara. UPT itu memiliki otoritas untuk merencanakan dan melaksanakan revitalisasi kota tua.

Dalam waktu dekat, perbaikan kawasan akan dilakukan di Jalan Fatahilah, Jalan Kunir, dan selasarnya. Lantai jalan di kawasan itu akan diganti dengan batu andesit untuk memperkuat suasana kota tua. Selain itu, para pedagang kaki lima di Jalan Kunir dan selasarnya akan direlokasi. Jalan Kunir akan menjadi akses masuk ke Jalan Fatahilah. (ECA)

0 comments:

test