Festival Kota Tua

Besok, Festival Kota Tua 2007 Digelar

KOTA, WARTA KOTA - Kawasan Kota termasuk salah satu tempat di Jakarta yang menyimpan banyak cerita sejarah dan budaya. Ada Museum Sejarah Jakarta (MSJ), Museum Keramik (MK), Museum Wayang (MW), dan Museum Bank Mandiri (MBM). Selain itu, kota tua itu juga dihuni dari berbagai etnis, antara lain Betawi, China, dan India. Namun, keragaman budaya di situs itu seakan tenggelam dalam kesibukan masyarakat kota. Masyarakat kota waktunya sepanjang hari dihabiskan untuk mencari nafkah.

Nah, untuk mengenal kembali budaya bangsa, Suku Dinas Kebudayaan dan Permuseuman Jakarta Barat menggelar Festival Kota Tua (FKT) 2007 di kawasan Kota, Minggu (26/8). Berbagai acara kesenian dipentaskan, antara lain marching band, pawai, lawak, tarian, dan band. "Kami berharap dari acara ini masyarakat bisa mengapresiasi warisan peninggalan sejarah. Serta masyarakat juga terlibat dalam pelestarian budaya bangsa, menjaga dan memelihara warisan sejarah," kata Kepala Suku Dinas Kebudayaan dan Permuseuman Jakarta Barat, Aminuddin, Jumat (24/8).

FKT digelar untuk keenam kalinya, dimulai pukul 09.00. Dibuka dengan marching band, dilanjutkan iring-iringan pawai. Rombongan pawai terdiri atas, reog Ponorogo, sisingaan, kuda lumping, barongsai, barong Bali, marawis, cici-koko, delman hias, dan sepeda ontel. Sekitar 500-an orang yang ikut dalam rombongan pawai berjalan mulai dari depan MSJ ke arah jalan Hayamwuruk, setelah sampai di SPBU Glodok memutar dan berbalik arah melewati jalan Gajahmada dan kembali ke MSJ.

Menurut Aminuddin, walaupun ada pawai, tapi tidak ada penutupan jalan di Jalan Gajahmada dan Jalan Hayamwuruk, dan di sekitar MSJ dan Stasiun Beos. "Memang jalan agak tersendat karena pawai, tapi tidak ada penutupan jalan. Pawai ini hanya sebentar saja. Sekitar satu jam selesai. Setelah itu dilanjutkan dengan panggung hiburan di depan Museum Wayang," katanya.

Di panggung hiburan diisi dengan pertunjukan kesenian, antara lain tarian India, China, Betawi, dan Eropa. "Kota tua itu terdiri dari berbagai suku dan ras, kami ingin menunjukkan etnik yang ada di sini melalui panggung kesenian," tutur Aminuddin.

Rencananya, festival akan dibuka oleh Walikota Jakarta Barat, Fadjar Panjaitan. Pengunjung yang ingin menyaksikan festival bisa menikmatinya hingga pukul 17.00. Panitia menyediakan parkir kendaraan di areal parkir MBM, areal parkir MK, dan di Jalan Pintubesar.

Di akhir pekan ini selain FKT, juga sedang digelar Urbanfest 2007 di Pantai Karnaval, Ancol, hingga Minggu (26/8). Untuk pencinta musik, disuguhkan band indie atau kelompok musik yang tidak berlabel perusahaan rekaman besar. Bagi penggemar olahraga bisa menikmati urban futsal, urban 3 on 3, urban volley, dan soccer shooting contest.

Pada Sabtu (25/8), Urbanfest menyajikan kawula muda yang bebas berekspresi dalam berpakaian ala remaja-remaja Jepang, harajuku. Selain itu, pementasan musik, Jiung Band, Jambrong n The Wols Band, Rockefeller Band, Super Glad, dan Mocca Band. Pada Minggu (26/8) disajikan pertunjukan tari dan pertunjukan musik dari The Brandals. (tan)

0 comments:

test