Car Free

Dilanjutkan di Kota Tua dan Pemuda

Jakarta, Kompas - Setelah menggelar hari bebas kendaraan bermotor atau car free day di Jalan Sudirman dan Jalan MH Thamrin, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta hendak menggelar lagi acara yang sama di Jalan Pemuda, Jakarta Timur, dan Kota Lama, Jakarta Barat.

Hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) dinilai mampu memberikan pendidikan bagi pengendara untuk meninggalkan kendaraan pribadi dan berganti dengan sepeda, angkutan umum, atau berjalan kaki.

"Pemprov akan menggelar HBKB setiap bulan di masing- masing kota. Rencananya, HBKB akan digelar di jalan-jalan yang sudah dilalui jalur bus transjakarta agar masyarakat memiliki pilihan moda transportasi," kata Kepala Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah DKI Jakarta Budirama Natakusumah di Jakarta Pusat, Selasa (25/9).

Padahal, HBKB yang diterapkan Sabtu lalu menyebabkan kemacetan luar biasa di jalan-jalan sekitar Sudirman dan Thamrin. Kemacetan itu menyebabkan polusi udara yang berlebihan dan lumpuhnya sebagian aktivitas ekonomi di sebagian kawasan.

Menanggapi rencana HBKB di Jalan Pemuda dan Kota Lama. Kepala Subdirektorat Pendidikan dan Rekayasa Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Krisnanda mengingatkan,

Pemprov DKI sebaiknya menyiapkan rencana yang matang, tersosialisasi dengan baik, dan menyediakan fasilitas pelengkap memadai.
"Harus disediakan sejumlah tempat parkir baru, jalur lalu lintas alternatif, tenaga pendamping bagi pengguna jalan, penyediaan angkutan umum alternatif, serta alternatif jalan yang bisa dilalui. Setelah rencana ini matang, perlu sosialisasi yang rinci, cukup, dan realistis. Jangan main tutup," katanya. (eca/win)

0 comments:

test